TIps Rahasia sebelum Mengajukan Judul Skripsi



Setelah sekian lama kuliah, pada akhirnya kita akan bertemu yang namanya SKRIPSI. Skripsi sering kali dianggap sesuatu yang mendebarkan bagi para mahasiswa. Oleh karena itu, saya akan memberikan Tips Rahasia Sebelum Menulis Skripsi, oke langsung aja :


1. Berdoa

Ingat kita makhluk ciptaan Tuhan, jangan menganggap semua remeh dengan segala urusan yang akan kita hadapi. Kita perlu pertolongan Nya, walau bagi kalian itu mudah. Karena kita gak tau kedepanya itu bagaimana, bisa jadi hal yang kita anggap itu mudah ternyata susah, dan yang susah ternyata jadi mudah. itu karena siapa??? Walau kalian pandai berenang, kita harus diwajibkan berdoa, karena di ombak yang besar, Si pandai berenang dan yang tidak pandai akan terlihat sama aja. :)

2. Cari Dosen Pembimbing 

Disini kamu harus mencari tau dosen mana yang killer dan dosen yang "oke aja". Kamu dapat mencari tau info tentang beberapa dosen dari pengalaman diri kamu sendiri ketika kuliah atau dari pengalaman para senior. Rumusnya begini, jika Doping (Dosen Pembimbing) kamu itu bergelar Profesor atau Doctor, mungkin agak killer, selama penulisan skripsi mungkin akan menghadapi beberapa kendala terkait sifat perfeksionis mereka. Tapi ketika kalian sedang menjalani sidang meja hijau, Dosen Penguji jadi agak segan untuk mengkritik hasil penelitian kalian. Bagaimana tidak, jika dosen penguji mengkritik penelitian kalian, itu sama aja dia mengkritik Doping kalian. Namun jika sebaliknya Doping kalian adalah tipe yang "oke oke aja", dalam penulisan skripsi mungkin agak penuh dengan kelonggaran, tapi ketika kalian menghadapi sidang meja hijau, saran saya kuasailah apa yang kamu tulis dan banya berdoa, karna kamu bakal dicerca beberapa pertanyaan oleh para dosen penguji yang memiliki gelar yang lebih tinggi dari Doping kalian.

3. Mengajukan Judul Skripsi

Disini awal nasib skripsi kamu, Judul skripsi yang kamu ajukan akan menentukan jalan takdir perjalanan perjuangan kalian dalam menulis skripsi. Oleh karena itu sebelum diajukan, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan bahan referensi secara lengkap dari BAB 1 sampai BAB 5. Buatlah kerangka skripsi dari judul yang kalian ajukan dengan bentuk seperti Daftar Isi. Bab 1 kalian akan menulis tentang apa dan permasalahannya apa, Bab 2 mau tulis tentang apa dan bagaimana, dan seterusnya. Akhirnya tercipta seperti Daftar isi. Usahakan judul yang bersifat umum dan cari tempat penelitian yang sudah pernah dilakukan penelitian disana dari skripsi sebelumnya. Nah dalam 1 judul skripsi yang akan kamu ajukan, butuh sekitar 5 skripsi dengan tema yang sama dengan judul yang akan diajukan. Kalau kalian copas seluruhnya itu namanya Plagiat, tetapi kalau kalian ambil dari 5 penelitian sebelumnya itu tidak disebut plagiat, apalagi permasalahan skripsi kalian itu berbeda dari yang sudah-sudah, tentu itu original dong. Ketika kalian sudah mempersiapkan "amunisi" dari judul skripsi yang bakal kalian ajukan, saatnya kalian butuh tanda tangan dosen tersebut dan bersiaplah "Menembak", mudah mudahan skripsi kalian akan cepat selesai secepat peluru.. hehehehee...